PEMECAHAN MASALAH TENTANG BANYAKNYA REMAJA YANG LEBIH SENANG TERHADAP BUDAYA BARAT DIBANDINGKAN BUDAYA NASIONAL

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh




Bagaimana jalannya masalah tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional ?

jalannya masalah mulai timbul dari seorang remaja yang dalam pengaruh sosialnya, dimana pengetahuannya mulai berkembang dan semakin luas yg di dukung oleh perkembangan teknologi meliputi media sosial sprti televisi,twitter, fb dan lain-lain. tapi kmbali dengan budaya itu sendiri, bukan hanya meliputi seni tapi juga seperti yang dikatkan koentjaraningrat : kebudayaan itu adalah keseluruhan sistem gagasan , tindakan, & hasil karya manusia .
jadi kebudayaan asing termasuk gagasan pnggunaan teknologi dan ide2 untuk menciptakannya . jadi ada pengaruh positif dan negatifnya. tergantung bagaimana remaja mnginternalisasikan atau menyerap budaya itu

Seberapa masalah tersebar pada bangsa dan negara tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional?
          Masalah yang tersebar sudah sangat luas, bisa kita lihat di media masa maupun sekitar kita banyak remaja yang lebih mengikuti gaya barat dibandingkan gaya budaya sendiri. Misalnya saja di sinetron-sinetron yang sekarang diputarkan di media televisi, bak pemuda yang memakai tren berpakaian barat dan menggunakan bahasa indonesia yang di campurkan dengan aksen barat. Contoh kecilnya adalah artis Syahrini.

Mengapa masalah harus di tangani pemerintah dan haruskan seseorang bertanggung jawab memecahkan masalah tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional?
Masalah ini sangat perlu di tangani baik oleh individu, pemerintah maupun organisasi, karena dengan terbisanya remaja mengunakan budaya barat maka sedikit demi sedikit mereka akan mulai melupakan budaya bangsa sendiri. Dan semakin lama budaya nasional kita akan akan punah dengan sendirinya. Contohnya, banyak anak sekolah dasar sekarang yang tidak lagi mengenal permainan tradisional yang dulu sering kita mainkan saat masih kecil.

Adakah kebijakan tentang tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional?
          Untuk saat ini belum ada kebijakan yang yang diatur pemerintah untuk menanggulangi masalah tersebut, tetapi menurut kebijakan yang telah kami sepakati sebagai berikut;
1. Di butuhkan kebijakan yang bisa mengalihkan budaya-budaya yang menarik perhatian para remaja di Indonesia sehingga para remaja Indonesia mencintai budaya sendiri. Seperti misalnya permasalahan dalam informasi-informasi yang di dapat kebanyakan adalah informasi yang berasal dari luar Indonesia yang belum tentu itu baik untuk budaya Indonesia. Dalam penerimaan Informasi terlalu banyak dalam stasiun-stasiun Televisi yang mengungkapkan budaya-budaya di luar Indonesia misalnya Bollystarvaganza dan banyak drama korea yang di tayangkan di banyak stasiun tv Indonesia .Kebijakan “Setiap stasiun televisi di wajibkan memfilter semua hal sebelum di tayangkan di televisi dan dimungkinkan dengan televisi bisa meningkatkan kecintaan budaya Indonesia
2. Menetapkan kebijakan satu hari menggunakan bahasa karma inggil di setiap sekolah,hingga mampu mengadakan lomba bahasa jawa di tingkat provinsi.

3. Setiap satu tahun sekali harus mau mengadakan festival yang mampu menampilkan kebudayaan daerah masing-masing yang memberi manfaat dan pembelajaran pada remaja –remaja dan diharapkan remaja ikut serta dalam festival.

Adakah perbedaan pendapat, siapa organisasi yang berpihak pada masalah tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional?

Individu atau kelompok yang berpengaruh dalam masyarakat yang mungkin hendak mendukung rancangan tindakan kelas dan bagaimana kalau dapat memperoleh dukungan terhadap penguatan sikap nasionalisme remaja:
1. Yang mungkin menerima dan berpengaruh adalah kepala daerah yang berkaitan dalam tindakan kelas
2. Pihak polisi juga berpengaruh karena setiap kegiatan di daerah harus meminta izin pada pihak polisi
Menggambarkan pula kelompok di masyarakat yang mungkin menentang rancangan tindakan dan bagaimana kalian dapat meyakinkan merka untuk mendukung rencana tindakan
1. Mungkin yang menolak adalah orang yang sibuk dengan urusannya sendiri
2. Orang yang egois
3. Masyarakat yang sudah terpengaruh dengan kebudayaan asing

Pada tingkat atau lembaga pemerintah apa yang bertanggung jawab tentang remaja yang lebih senang dengan budaya barat dibandingkan budaya nasional?
Yang bertanggung jawab atas masalah ini yaitu mulai dari tingkatan organisasi yang paling kecil, yaitu individu hingga tingkat yang paling tinggi dari sebuah bangsa yoitu presiden. Karena ini menyangkut martabat bangsa indonesia yang menjunjung tinggi nilai kesopanan dan budaya.
 

Komentar

  1. izin ngutip ya, makakasih. jawbannya bermanfaat.

    BalasHapus
  2. dipersilahkan. semangat terus ya belajarnya!!
    terimakasih sudah meluangkan watu untuk mengunjungi laman in.
    sukses selalu

    BalasHapus
  3. Lantas bagaimana menumbuhkan dukungan pada individu dan kelompok dalam masyarakat terhadap rancangan yang kita usulkan terkait masalah tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara pendekatan yang signifikan dan perlahan dengan memperkenalkan kebuadayaan lokal, selama kebudayaan tersebut tidak bertentangan degnan nilai agama yang dianut.

      Hapus
  4. Makasih mas ulasannya sangat banyak membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

komentar disini ya, bosskuh