JENIS BATUAN DAN PENGETIANNYA

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh 
kali ini saya akan menjelaskan secara rinci dan memberikan jenis batuan dan pengertiannya.


BATUAN BEKU
 
Batuan Beku adalah jenis batuan dimana proses pembentukannya terjadi dari magma yang telah mengalami pembekuan dan pendinginan.
-          Batu Basal adalah batuan yang berwarna gelap, berbutir halus, dan merupakan batuan beku yang utamanya tersusun atas mineral plagioklas dan piroksen.
-          Batu Granit adalah batuan intrusif, felsik.igneus yang umum dan banyak ditemukan.
-          Batu Gabro adalah batuan beku intrusif, berwarna gelap, dan tersusun atas kristal-kristal mineral yang berukuran kasar (coarse-grained).
-          Batu Andesit adalah suatu jenis betuan beku vulkanis dengan komposisi antar dan tekstur spesifik yang umumnya ditemukan pada lingkungan subduftif tektonik.
-          Batu Diabas adalah batuan yang augit mengisih celah-celah yang panjang dan kristal-kristal plagioklas dn butir-butir penyusunnya lebih halus

BATUAN SEDIMEN
 
Batuan Sedimen adalah jenis batuan yang terbentuk diatas permukaan bumi dan dibekukan pada suhu dan tekanan udara yang rendah
-          Batu Rijang adalah endapan silikat kriptokristalin dengan permukaan licin (glossy)
-          Batuan Konglomerat adalah suatu bentukan fragmen dari proses sedimentasi, batuan yang berbutir kasar, terdiri atas fragmen dengan bentuk membendar.
-          Batuan Pasir adalah batuan sedimen klastik yang diman partikel penyusunnya kebanyakan berupa butiran berukuran pasir.
-          Batuan  Gamping Numulites adalah batuan sedimen yang utamanya tersusun oleh kalsium krbonat (CaC03) dalam bentuk mineral kausit.
-          Batuan Gamping Merah adalah batuan sedimen organik yang terbentuk dari akumulasi cangkang yang berwarna merah
-          Batuan Kalkarenit adalah jenis batuan gampik klastik uang berukuran butir menyerupai ukuran butir batu pasir


BATUAN METAMORF
 
Batu Metamorf adalah batuan yan terbentuk dari proses metamorfisme batuan-batuan sebelumnya kerena perubahan temperatur dan tekanan.
-          Batu Kuarsit adalah batuan metamorf tidak berfoliasi (non-Foliated) yang hmpir terususn selurauhnya oleh mineral kuarsa.
-          Batu Serpentinit adalah batuan yang terdiri dari satu atau lebih mineral kelompok serpentine
-          Batu Sekis Mika adalah batuan yang dihasilkan oleh metamorfosa regional dengan tingkat lebih tinggi, mempunyai poliasi dan kristalin.
-          Batu Kilit adalah tipe batuan metamorf berfoliasi yang terbuat dari batu sabak
-          Batu Marmer adalah metamorfisme dari batuan kapur, baik tu kapur kalsit maupun batu kapur dolomit
-          Batu Gneis adalah batuan yang terbentuk dari hasil metamorfosisme batuan beku dalam temperatur dan tekanan yang tinggi.
 


Komentar