MAKALAH PERADABAN CINA

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh apa kabar sahabat cerdas??... kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah ”PERADABAN CINA tepat pada waktunya.
Atas segala bantuan, bimbingan dan pengarahan yang telah diberikan kepada penulis selama melakukan Penulisan hingga selesainya penyusunan Makalah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik membangun dari berbagai pihak untuk kesempurnaan Makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang Pendidikan sejarah




















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................................................................... ii
BAB I..................................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN.................................................................................................................. 1
1.1              Latar Belakang..................................................................................................... 1
1.2              Rumusan Masalah................................................................................................. 1
BAB II.................................................................................................................................... 2
PEMBAHASAN.................................................................................................................... 2
v  Peradaban Cina................................................................................................................... 2
v Bagaimana Sistem Pertanian Pada Peradaban Cina ?............................................................. 2
v Bagaimana sistem kepercayaan mereka ?.............................................................................. 3
v Apa sistem pemerintahan yang mereka anut ?........................................................................ 3
v Bagaimana Keadaan IPTEK di Peradaban Cina ?................................................................. 4
v Siapa-siapa saja yang menjadi filsafat terkenal pada saat itu?.................................................. 5
v Apa-Apa Saja Bangunan Yang Terkenal di Zaman Cina Kuno ?............................................ 5

BAB III............................................................................................................................. 6
PENUTUP........................................................................................................................ 6
KESIMPULAN................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 7



BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Cina merupakan sumber peradaban bagi wilayah-wilayah disekitarnya. Korea, Jepang, Taiwan, Indo-Cina, Semenanjung Malaya, Mongolia, Tibet, dan Asia Tengah. Hal ini terjadi karena Cina merupakan salah satu peradaban yang mempengaruhi dunia. Dengan tingkat peradaban yang diatas rata-rata pada masanya, Cina menjadi tolak ukur kemajuan suatu peradaban dan bangsa. Misalnya saja kertas, kompas, teknik percetakan, teknik pertanian, filsafat, dan pengobatan merupakan hasil peradaban Cina yang mempengaruhi peradaban lainnya di dunia.
Cina merupakan suatu bangsa yang memiliki sejarah tertua yang tidak terputus di dunia. Republik Rakyat Cina meliputi kekuasaan politik yang terbagi dalam Cina asli dan Cina Luar.Tanah Cina Asli, yang dengan dalam bahasa Inggris  disebut China Proper, adalah daerah Cina dalam lingkungan geografis yang batas sebelah Barat pegunungan tinggi tanah Tibet, sebelah barat laut padang rumput Mongolia dan Mancuria dengan dinding tembok Cina sebagai batas yang jelas, sebelah selatan Pegunungan Nanling atau pegunungan daerah selatan, yaitu pegunungan diperbatasan Asia Tenggara yang di Cina disebut Nan Yang (daerah selatan).
Cina “negara dengan seratus dinasti” disebut demikian karena dinasti yang pernah berkuasa di cina selalu berganti - ganti dengan rentang waktu yang bervariasi. Dinasti-dinasti yang pernah berkuasa pada zaman Cina Kuno, antara lain Dinasti Chou, Ch’in, Han, T’ang, Sung, Yuan, Ming dan Manchu.
1.2              Rumusan Masalah
1.     dimanakah letak peradaban cina
2.     pencapaian apa saja yang di raih pada masa peradaban cina?
3.     siapa saja yang berkuasa pada masa peradaban cina?




BAB II
PEMBAHASAN
v  Peradaban Cina

Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. Pusat peradaban cina yaitu berada di Sungai kuning (Hwang Ho) bermata air di pegunungan Kwen Lun (Tibet) yang mengalir melalui daerah pegunungan Cina Utara kemudian membentuk dataran rendah Cina , sampai  kemudian bermuara di Laut Kuning . Sedangkan di dataran tinggi sebelah selatan mengalir sungai Yang Tse Kiang yang juga berhulu di pegunungan Kwen Lund dan bermuara di Laut Cina Timur. Untuk lebih jelas mari kita simak uraian di bawah ini.

v Bagaimana Sistem Pertanian Pada Peradaban Cina ?

Kesuburan daerah lembah Sungai Kuning maupun Yang Tse Kiang menyebabkan sebagian besar penduduknya hidup dari pertanian. Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak 5000 SM. Tanaman pangan yang dibudidayakan adalah padi, buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-mayur dan sebagainya. Pada masa pemerintahan Dinasti Chin sistem pertanian di Cina mengalami kemajuan yang pesat. Pada masa ini pertanian diusahakan secara intensif dengan pemupukan dan penataan irigasi. Masyarakat petani juga memiliki corak kehidupan yang khas antara lain, rasa kekeluargaan dan gotong royong kuat, ulet dalam menghadapi tantangan yang ada, semangat tinggi, dan cara berpikir yang sederhana.


v Bagaimana sistem kepercayaan mereka ?

Kepercayaan yang dianut oleh masyarakat kuno secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 3 unsur, yaitu :
a.   Polytheisme yaitu masyarakat memuja dewa dewa yang memiliki kekuatan alam dan dewa yang paling tinggi adalah Dewa Langit. Setelah berdiri kerajaan-kerajaan di Cina kuno maka raja dianggap sebagai perantara bagi bumi terhadap langit yang kemudian dijuluki sebagai putra langit.
b.  Menghormati arwah leluhur
c.   Mengormati kekuatan-kekuatan alam

Upacara pengormatan terhadap ketiga unsur tersebut biasanya disertain tari-tarian suci dan permainan musik Cina Kuno


v Apa sistem pemerintahan yang mereka anut ?

Ada 2 macam sistem pemerintahan yang pernah dianut dalam kehidupan kenegaraan cina kuno, yaitu :
a.   Sistem Pemerintahan Feodalisme
Dalam sistem ini kedudukan kaisar dianggap sakral karena dianggap sebagai utusan atau anak dari Dewa Langit. Dengan kedudukannya yang sakral tersebut maka kaisar tidak layak mengurusi politik dan menangani secara langsung urusan kenegaraan.
b.   Sistem Pemerintahan Unitaris
Dalam sistem ini kekuasaan Negara berpusat di tangan kaisar sehingga kaisar secara langsung menangani segala urusan politik praktis.


Adapun dinasti-dinasti yang pernah berkuasa di Cina sebagai berikut :
    Dinasti Syang
Sejak masa Dinasti Syang berkuasa inilah sejarah Cina Kuno dimulai. Dinasti syang didirikan oleh kaisar chen t’ang. Pemerintahan Dinasti Syang mulai melaksanakan sistem peminjaman tanah atas dasar feodalisme.
Masyarakat pada masa ini memuja dewa bernama dewa Shang-Ti (Dewa Langit), dan masyarakat percaya bahwa seluruh kehidupan berasal dari shang-ti dan pada akhirnya akan kembali kepada Shang-Ti.
Pada masa ini telah lahir kebudayaan tinggi  seperti membuat peralatan rumah tangga, kerajinan dari bambu, batu marmer dan perunggu.

    Dinasti chou
Dinasti Chou didirikan oleh Chou Wu Wang. Sistem pemerintahannya diatur secara feodalisme dan pusat pemerintahannya terletak di kota Cang-An.
Masa pemerintahan Dinasti Chou dapat dikatakan kurang gemilang karena sekitar abad ke-8 SM timbul kekacauan dan perang dimana-mana. Dalam suasana kacau dan perang inilah lahir ahli pikir terkenal yaitu Lao Tse dengan ajaran Taoisme dan Kang Fu Tse dengan ajarannya yang disebut kongfusianisme

    Dinasti Chin
Dinasti ini didirikan oleh Raja Chang yang bergelar Chih Hwang Ti. Pada masa inilah untuk pertama kalinya Cina menjadi Negara Kekuasaan yang terpusat pada Kaisar.
Sistem feodalisme dihapus beserta dengan sistem vasal, sebagai gantinya dibentuk provinsi-provinsi yang dipimpin oleh gubernur dan bertanggung jawab langsung pada Kaisar.
Untuk menahan serangan musuh yang sering masuk ke Cina, maka Shih Huang Ti memrintahkan pembangunan Tembok Besar (The Great Wall). Tembok Besar ini dikerjakan selama kira kira 18 abad yang selesai pembangunannya pada masa pemerintaha Dinasti Ming.

v Bagaimana Keadaan IPTEK di Peradaban Cina ?

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada zaman Cina Kuno sudah berkembang maju. Masyarakat cina kuno sudah mengenal astronomi. Astronomi digunakan untuk menentukan kalender. Disamping itu, astronomi dapat juga digunakan sebagai ilmu nujum (astrologi) untuk meramal.
Teknologi yang terkenal dari Cina adalah teknologi pembuatan berbagai macam barang keramik dan juga pembuatan kain sutera. Kedua hasil kerajinan itulah yang menjadi komoditi perdagangan utama cina yang dijual ke seluruh dunia.
Masyarakat Cina Kuno juga sudah mengenal tulisan gambar. Tulisan ini kemudian berkembang menjadi banyak jenis tulisan di cina berkaitan dengan penggunaan bahasa yang juga berbeda-beda di berbagai wilayah yang berbeda. Sampai kemudian pada masa pemerintahan Dinasti Chin digunakan satu jenis tulisan yang diberlakukan di seluruh Cina.
v Siapa-siapa saja yang menjadi filsafat terkenal pada saat itu?

Pada masa pemerintahan Dinasti Chou, telah berkembang ajaran filsafat Cina Kuno diajarkan oleh ahli-ahli filsafat terkenal yang kemudian menjadi pedoman hidup bangsa Cina. Filsafat filsafat itu adalah :
Ø  Lao Tse
Ajaran Lao Tse terkenal dengan nama Taoisme, yang tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Ching. Taoisme mengajarkan orang supaya menerima nasib atau mengikuti jalan yang ditentukan oleh alam dan menolak kehidupan duniawi. Menurut Lao Tse, segala perisitiwa alam dan perjalanan hidup manusia di dunia ini dikendalikan oleh kekuatan gaib tertinggi yang disebut Tao.

Ø  Kong fu tse
Ajaran Kong Fu Tse mencakup bidang pemerintahan dan keluarga yang didasarkan pada pelaksanaan hak dan keawajiban dari masing masing individu sesuai dengan kedudukannya. Menurutnya kekuatan yang mengatur segala sesuatu di alam semesta sehingga tercapai keselarasan.
Selama 24 abad ajaran Kong Fu Tse dianggap sebagai pegangan hidup bagi bangsa Cina baik bagi rakyat Cina maupun bagi Rajanya. Sampai sekarang ajaran Kong Fu Tse sangat besar pengaruhnya terhadap tata cara berpikir dan sikap hidup sebagian besar orang Cina.

Ø  Meng Tse
Meng Tse adalah seorang murid Kong Fu Tse. Tetapi ia menentang ajaran gurunya. Mang Tse ridak memberikan ajaran pada kaun bangsawan tetapi kepada rakyat jelata. Menurutnya rakyatlah yang terpenting dalam suatu Negara. Meng Tse berpendapat bahwa setiap manusia mempunyai derajat yang sama. Oleh masyarakat Cina Meng Tse dianggap sebagai Bapak Demokrasi.



v Apa-Apa Saja Bangunan Yang Terkenal di Zaman Cina Kuno ?

Seni bangunan Cina Kuno yang terkenal yaitu :

    Tembok Besar Cina (The Great Wall of China)
Bangunan tersebut dibangun pada masa pemerintahan dinasti chin dan selesai pada masa pemerintahan dinasti ming. Tembok besar cina mempunya ukuran panjang sekitar 7000 km, lebar 8 m, dan tinggi 16 m. fungsinya adalah untuk menahan serangan musuh dari utara, terutama suku bangsa Syung Nu dan Tartar.

    Kuil Dewa Langit
Kuil adalah bangunan suci untuk tempat pemujaan Para Dewa. Salah satu kuil yang terkenal adalah kuil pemujaan terhadap dewa langit yang dibangun di kota Beijing. Bangunan ini terbuat dari batu pualam yang indah

    Istana Kaisar
Bangunan megah yang dibangun di Cina selain kuil adalah istana Kaisar. Hal itu dikarenakan pandangan bahwa Kaisar adalah penjelmaan para Dewa yang memerintah di cina.







































BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang (k. 1750 SM – 1045 SM).[1] Cangkang kura-kura dengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memiliki penanggalan radiokarbon hingga 1500 SM.[2] Budaya, sastra, dan filsafat Cina berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045 SM hingga 256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilah tulisan Cina modern mulai berkembang.














DAFTAR PUSTAKA
Stephen W. Durrant (1995). "The Cloudy Mirror: Tension and Conflict in the Writings of Sima Qian". Albany : Percetakan Universiti Negeri New York.
Benn, Charles. 2002. "China's Golden Age: Everyday Life in the Tang Dynasty". Percetakan Universiti Oxford.
Wang, Zhenping. 1991. "T'ang Maritime Trade Administration". Wang Zhenping. Asia Major, Siri Ketiga, Jilid. IV, 1991, m.s. 7-38.

 

Komentar

  1. terimakasih. semangat terus ya belajarnya!!
    terimakasih sudah meluangkan watu untuk mengunjungi laman in.
    sukses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

komentar disini ya, bosskuh