DAMPAK SINETRON INDONESIA TERHADAP PERILAKU SISWA DINIBUNG

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh apa kabar sahabat cerdas??... kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:

DAMPAK SINETRON INDONESIA TERHADAP PERILAKU SISWA DINIBUNG




DISUSUN OLEH:
ANA

X IPA 3

SMA NEGERI I PUDING BESAR
TAHUN AJARAN 2017/2018


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya tugas karya ilmiah sederhana yang berjudul “dampak sinetron indonesia terhadap perilaku siswa di Nibung” dapat diselesaikan sebaagi salah satu tugas mata pelajaran geografi tentang penelitian.
            Penulisan tugas ini dimaksudkan agar penulisan memiliki kemampuan dalam membuat karya ilmiah sederhana ini, penulis menyadari bahwa dalam peuatan karya ilmiah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran dan perbaikannya.
            Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Anugrah sebagai guru bidang studi geografi dan rekan-rekan kelas untuk membimbingnya.


















DAFTAR ISI
Halaman judul____________________________________               1
Kata pengantar___________________________________               2
Daftar isi_______________________________________                 3

BAB I
Pendahuluan__________________________________                     4
A.     Latar belakang___________________________                    4
B.     Rumusan masalah_______________________                       4
C.     Tujuan penelitian________________________                       4

BAB II
Isi
A.     Pengertian dan pembahasan_________________                    5
B.     Faktor-faktor____________________________                   5
C.     Dampak________________________________                   6
D.     Solusi__________________________________                   6

BAB III
Penutup
A.     Kesimpulan_____________________________                    7
B.     Saran ___________________________________                7




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Sinetron merupakan suatu tayangan yang berisi cerita tentang drama fiktif, percintaan, seks dan kekerasan. Sinetron tersebut dapat membawa dampak negatif bagi para siswa dan masyarakat. Bagi para siswa, dampak negatifnya yaitu terganggunya waktu belajar yang sharusnya di pergunakan untuk untuk menonton sinetron tersebut, bagi masyarakat yaitu gaya hidup sehari-hari yang meniru dalam adegan cerita sinetron tersebut.
B.     Rumusan masalah
1.      Dampak apa sajakah yang dapat terjadi akibat tontonan yang kurang mendidik?
2.      Mengapa sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma?
3.      Sinetron yang bagaimana yang baik untuk di tonton?
C.     Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sinetron terutama sinetron yang menampilkan ABG sebagai peran utamanya. Seain itu juga untuk mengetahui dampak-dampaknay bagi remaja yang terlalu banyak menonton sinetron yang kurang mendidik dan mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam mengawasi tontonan putra-putrinya.












BAB II
ISI
A.     Pengertian dan Pembahasan
Sinetron merupakan suatu jenis cadangan sinema elektronik yang berisi cerita drama fiktif, yang dewasa ini sebagian besar mengangkat tema percintaan, seks, horor, kekerasan dan konflik. Sinema-sinema semacam ini sering menawarkan gaya hidup yang cenderung penuh dengan gengsi dan bentuk kehidupan yang jauh dari realita. Berkaitan dengan pendidikan, yang paling merugikan dari tayangan sinetron ini adalah para siswa sekolah. Mereka seharusnya lebih fokus pada pendidikan. Tetapi dengan adanya sinetron yang tidak mengajarkan hal baik pada para siswa, maka hal tersebut menjadi sangat merugikan dan terpengaruh pada dampak negatif dan sinetron, ini dapat merusak budaya, nilai pendidikan dan moral bangsa.
      Ciri-ciri sinetron yang kurang mendidik diantarnya adalah bercerita tentang seorang yang penderitaan lahir batin, adanya tokoh antagonis dengan akting yang berlebihan dan tidak wajar. Memperlihatkan dan mengumbar kemewahan duniawi.

1)      Dampak apasajakah yang dapat terjadi akibat tontonan yang kurang mendidik?
·        Mengikuti gaya anak dalam sinetron, misalnya memakai aksesoris yang tidak pantas digunakan pada waktu sekolah.
·        Berani melawan orang tua dan guru.
·        Terpengaruh sikap adegan dalam sinetron tersebut.
2)      Mengapa sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma?
·        Karena tergerus oleh perkembangan aman yang kemudian terjadi perubahan sosial budaya.
3)      Sinetron yang bagaimanakah yang baik untuk di tonton?
·        Ceritanya harus masuk akal dan diangkat dari kehidupan sehari-hari. Kalau bisa kisahnya itu diangkat dari kisah nyata atau benar-benar pernah terjadi.
·        Menerapkan norma-norma yang ada
·        Memberikan nasehat kepada penontonnya

B.     Faktor-Faktor
1)      Mudah untuk menikmatinya
2)      Mempunyai daya tarik cerita
3)      Tokoh sinetron yang di gemari


C.     Dampak
-          Dampak negatif
Dampak negatif pada sinetron yang kurang mendidik diantaranya adalah:
·        Menjadi anak yang malas belajar
·        Mengikuti gaya anak dalam sinetron, misalnya memakai aksesoris yang tidak pantas digunakan pada waktu sekolah.
·        Berani melawan orang tua dan guru
·        Menjadi anak yang sok kaya, dan lain-lain.\dapat merusak moralitas penerus bangsa.

-          Dampak positif
Dampak positif yang mendidik diantaranya adalah:
·        Mengajari anak perilaku baik
·        Menjadi anak yang patuh terhadap orang tua dan guru.
·        Menjadi anak yang rajin belajar agar impiannya dimasa mendatang sakan terwujud.
·        Menjadi anak yang tampil apa adanya, tidak sok kaya dan pamer.

D.     Solusi
Pemerintah harus memaksimalkan perannya dalam mengontrol tayangan di televisi seperti sinetron yang dapat membawa dampak negatif yaitu merusak moral dan menghancurkan generasi muda Indonesia. Pemerintah sebaiknya membatasi acara-acar yang tidak bermanfaat, memberi sanksi bagi yang melanggar.

















BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh beberapa kesimpulan :
1)      Sinetron  sekarang kurang menerapkan norma-norma karena tergusur oleh perkembangan zaman yang kemudian terjadi berubahan sosial budaya.
2)      Anak yang tidak terlalu sering menonton sinetron, belajarnya lebih rajin dan nilainya lebih baik dari pada anak yang sering menonton sinetron.
3)      Faktor-faktor siswa menonton sinetron adalah mudah untuk menikmatinya. Mempunyai daya tarik cerita tokoh sinetron yang digemari.
4)      Dampak dari menonton sinetron ada 2 yaitu positif dan negatif. Dampak yang positif terjadi apabila orang ta dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut memiliki kesadaran dalam memilih tontonan atau sinetron yang baik untuk dirinya. Sedangkan dampak negatifnya terjadi apabila orang tua tidak dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut tidak memilki kesadaran dalam memilih tontonan yang baik untuk dirinya.

B.     Saran
1.      Untuk orang tua
Agar lebih serius mengawasi putra-putrinya. Selain itu harus bisa memilih tontonan yang tepat dan membantu anaknya mengatur jam belajarnya.
2.      Untuk siswa
Harus memiliki kesadaran untuk memilih 

Komentar