assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
apa kabar sahabat cerdas??...
kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:
DAMPAK SINETRON INDONESIA
TERHADAP PERILAKU SISWA DINIBUNG

DISUSUN OLEH:
ANA
X IPA 3
SMA NEGERI I PUDING BESAR
TAHUN AJARAN 2017/2018
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya tugas karya ilmiah
sederhana yang berjudul “dampak sinetron indonesia terhadap perilaku siswa di
Nibung” dapat diselesaikan sebaagi salah satu tugas mata pelajaran geografi
tentang penelitian.
Penulisan tugas ini
dimaksudkan agar penulisan memiliki kemampuan dalam membuat karya ilmiah
sederhana ini, penulis menyadari bahwa dalam peuatan karya ilmiah ini masih
banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Karena itu penulis mengharapkan
adanya kritik dan saran dan perbaikannya.
Dalam kesempatan ini,
penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Anugrah sebagai guru bidang
studi geografi dan rekan-rekan kelas untuk membimbingnya.
DAFTAR ISI
Halaman judul____________________________________ 1
Kata pengantar___________________________________ 2
Daftar isi_______________________________________ 3
BAB I
Pendahuluan__________________________________ 4
A. Latar belakang___________________________ 4
B. Rumusan masalah_______________________ 4
C. Tujuan penelitian________________________ 4
BAB II
Isi
A. Pengertian dan
pembahasan_________________ 5
B. Faktor-faktor____________________________ 5
C. Dampak________________________________ 6
D. Solusi__________________________________ 6
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan_____________________________ 7
B. Saran ___________________________________ 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Sinetron merupakan suatu tayangan yang berisi cerita
tentang drama fiktif, percintaan, seks dan kekerasan. Sinetron tersebut dapat
membawa dampak negatif bagi para siswa dan masyarakat. Bagi para siswa, dampak
negatifnya yaitu terganggunya waktu belajar yang sharusnya di pergunakan untuk
untuk menonton sinetron tersebut, bagi masyarakat yaitu gaya hidup sehari-hari
yang meniru dalam adegan cerita sinetron tersebut.
B.
Rumusan masalah
1. Dampak apa sajakah
yang dapat terjadi akibat tontonan yang kurang mendidik?
2. Mengapa
sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma?
3.
Sinetron yang bagaimana yang baik untuk di tonton?
C.
Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
perkembangan sinetron terutama sinetron yang menampilkan ABG sebagai peran
utamanya. Seain itu juga untuk mengetahui dampak-dampaknay bagi remaja yang
terlalu banyak menonton sinetron yang kurang mendidik dan mengetahui bagaimana
peranan orang tua dalam mengawasi tontonan putra-putrinya.
BAB
II
ISI
A. Pengertian dan
Pembahasan
Sinetron merupakan suatu jenis cadangan sinema elektronik
yang berisi cerita drama fiktif, yang dewasa ini sebagian besar mengangkat tema
percintaan, seks, horor, kekerasan dan konflik. Sinema-sinema semacam ini
sering menawarkan gaya hidup yang cenderung penuh dengan gengsi dan bentuk
kehidupan yang jauh dari realita. Berkaitan dengan pendidikan, yang paling
merugikan dari tayangan sinetron ini adalah para siswa sekolah. Mereka
seharusnya lebih fokus pada pendidikan. Tetapi dengan adanya sinetron yang
tidak mengajarkan hal baik pada para siswa, maka hal tersebut menjadi sangat
merugikan dan terpengaruh pada dampak negatif dan sinetron, ini dapat merusak
budaya, nilai pendidikan dan moral bangsa.
Ciri-ciri
sinetron yang kurang mendidik diantarnya adalah bercerita tentang seorang yang
penderitaan lahir batin, adanya tokoh antagonis dengan akting yang berlebihan
dan tidak wajar. Memperlihatkan dan mengumbar kemewahan duniawi.
1)
Dampak apasajakah yang dapat terjadi akibat tontonan yang
kurang mendidik?
·
Mengikuti gaya anak dalam sinetron, misalnya memakai
aksesoris yang tidak pantas digunakan pada waktu sekolah.
·
Berani melawan orang tua dan guru.
·
Terpengaruh sikap adegan dalam sinetron tersebut.
2)
Mengapa sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan
norma-norma?
·
Karena tergerus oleh perkembangan aman yang kemudian
terjadi perubahan sosial budaya.
3)
Sinetron yang bagaimanakah yang baik untuk di tonton?
·
Ceritanya harus masuk akal dan diangkat dari kehidupan
sehari-hari. Kalau bisa kisahnya itu diangkat dari kisah nyata atau benar-benar
pernah terjadi.
·
Menerapkan norma-norma yang ada
·
Memberikan nasehat kepada penontonnya
B.
Faktor-Faktor
1)
Mudah untuk menikmatinya
2)
Mempunyai daya tarik cerita
3)
Tokoh sinetron yang di gemari
C.
Dampak
-
Dampak negatif
Dampak negatif
pada sinetron yang kurang mendidik diantaranya adalah:
·
Menjadi anak yang malas belajar
·
Mengikuti gaya anak dalam sinetron, misalnya memakai aksesoris
yang tidak pantas digunakan pada waktu sekolah.
·
Berani melawan orang tua dan guru
·
Menjadi anak yang sok kaya, dan lain-lain.\dapat merusak
moralitas penerus bangsa.
-
Dampak positif
Dampak positif
yang mendidik diantaranya adalah:
·
Mengajari anak perilaku baik
·
Menjadi anak yang patuh terhadap orang tua dan guru.
·
Menjadi anak yang rajin belajar agar impiannya dimasa
mendatang sakan terwujud.
·
Menjadi anak yang tampil apa adanya, tidak sok kaya dan
pamer.
D.
Solusi
Pemerintah
harus memaksimalkan perannya dalam mengontrol tayangan di televisi seperti
sinetron yang dapat membawa dampak negatif yaitu merusak moral dan
menghancurkan generasi muda Indonesia. Pemerintah sebaiknya membatasi
acara-acar yang tidak bermanfaat, memberi sanksi bagi yang melanggar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh beberapa
kesimpulan :
1)
Sinetron sekarang
kurang menerapkan norma-norma karena tergusur oleh perkembangan zaman yang
kemudian terjadi berubahan sosial budaya.
2)
Anak yang tidak terlalu sering menonton sinetron,
belajarnya lebih rajin dan nilainya lebih baik dari pada anak yang sering
menonton sinetron.
3)
Faktor-faktor siswa menonton sinetron adalah mudah untuk
menikmatinya. Mempunyai daya tarik cerita tokoh sinetron yang digemari.
4)
Dampak dari menonton sinetron ada 2 yaitu positif dan
negatif. Dampak yang positif terjadi apabila orang ta dapat mengontrol anaknya
dan anak tersebut memiliki kesadaran dalam memilih tontonan atau sinetron yang
baik untuk dirinya. Sedangkan dampak negatifnya terjadi apabila orang tua tidak
dapat mengontrol anaknya dan anak tersebut tidak memilki kesadaran dalam
memilih tontonan yang baik untuk dirinya.
B.
Saran
1.
Untuk orang tua
Agar lebih serius mengawasi putra-putrinya. Selain itu
harus bisa memilih tontonan yang tepat dan membantu anaknya mengatur jam
belajarnya.
2.
Untuk siswa
Harus memiliki kesadaran
untuk memilih
Komentar
Posting Komentar
komentar disini ya, bosskuh