assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
apa kabar sahabat cerdas??...
kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:
TEKS EKPLANASI
1.
Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah …
a.
Abstraksi
b.
Tesis
c.
Argumentasi
d.
Pernyataan umum
e.
Koda
Jawaban:
d
2.
Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah …
a.
Isinya memuat fakta
b.
Muatannya didasarkan pada pendapat / opini
c.
Adanya langkah prosedur
d.
Memuat unsur kekonyolan
e.
Terdapat unsur persuasif di dalamnya
Jawaban:
a
3.
Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai
berikut, kecuali …
a.
Fenomena alam
b.
Fenomena sosial
c.
Fenomena ekonomi kerakyatan
d.
Fenomena kawin cerai artis
e.
Fenomena pendidikan
Jawaban:
d
4.
Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …
a.
Reorientasi
b.
Koda
c.
Konklusi
d.
Krisis
e.
Interpretasi
Jawaban:
e
5.
Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi
adalah …
a.
kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
b.
konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c.
peryataan tantang topik yang sedang dibahas
d.
informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
e.
generalisasi tentang topik yang sedang dibahas
Jawaban:
b
6.
teks eksplanasi bertujuan …
a.
menyatakan hasil laporan observasi
b.
menyajikan hiburan
c.
menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya
d.
menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal
Jawaban:
c
7.
Inti dari teks eksplanasi berada pada bagian …
a.
Penutup
b.
Aspek yang dilaporkan
c.
Argumen
d.
Sebab-akibat
e.
Pernyataan umum
Jawaban:
b
Perhatikan
teks berikut untuk soal nomor 7 – 8!
Belakangan
ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang
sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil
ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena
gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup
tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu
bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
8.
Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
a.
Kronologis (urutan peristiwa)
b.
Sebab atau akibat
c.
Pengenalan obyek
d.
Asal-asul peristiwa
e.
Kesimpulan
Jawaban:
c
9.
Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata
tersebut ialah …
a.
belakangan ini
b.
menjadikan
c.
tidak berlebihan
d.
berdampak
e.
semua jawaban benar
Jawaban:
a
Bioteknologi
adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang
berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta logos yang berarti
“ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang
konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan
jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak hanya
didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu
terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia,
mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.
10.
Peryataan di bawah ini yang sesuai dengan teks di atas ialah …
a.
Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi
b.
Bioteknologi bukanlah keilmuan murni
c.
Bioteknologi diciptakan untuk mencari keuntungan
d.
Bioteknologi adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologis
e.
Peristiwa biologi yang menjadi dasar adanya perkembangan bioteknologi
Jawaban:
d
TEKS PROSEDUR
11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah
kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. tanda-tanda buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
13. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….
a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
15. Cermatilah teks berikut!
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. tanda-tanda buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
13. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….
a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
15. Cermatilah teks berikut!
Siapkan
baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik,
masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil
dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga
terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah
terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah
disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat
lagi.
a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
16. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
17. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….
a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah
b. menggunakan verbal material
c. lucu dan menarik
d. menggunakan kalimat imperative
e. menggunakan kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
19. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif dan kopulatif
e. verbal tingkah laku dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
16. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
17. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….
a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah
b. menggunakan verbal material
c. lucu dan menarik
d. menggunakan kalimat imperative
e. menggunakan kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
19. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif dan kopulatif
e. verbal tingkah laku dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
TEKS CERAMAH
Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan
ini saya akan membahas "Perlunya Keseimbangan antara Kebutuhan Jasmani dan
Rohani." (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduanya
berpisah, seseorang tidak dikatakan manusia hidup lagi. (3) Baik jasmani maupun
rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan
sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri
yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani yaitu spiritual atau
mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani
dan rohani.
21. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : D. 4
22. Kata-kata persuasif terdapat dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : e. 5
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakkan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.
23. Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
b. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Plang Merah Remaja.
c. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.
d. Dalam seramah ini, top[ik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.
e. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Jawaban : a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.
24.Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena ……
a. Waktu A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu
e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
Jawaban : e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
25. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah...
a. Yang terhormat ibu, bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.
b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
c. Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya denganmisu terkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.
Jawaban : b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
26. Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan ceramah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.Kutipan tersebut adalah penutup ceramah tentang kerja bakti. Kalimat yang cocok sebagai pembuka isi
ceramah tersebut adalah...
a. Lingkungan bersih, warganya masyhur
b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
c. Lingkungan bersih, mengajak warganya sadar.
d. Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.
e. Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.
Jawaban : b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan 7 dan 8.
Hadiri yang saya hormati.
Assalamualaikum Wr. Wb,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
27. Topik pidato tersebut adalah ...
a. peringatan Sumpah Pemuda
b. mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c. merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d. pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
e. bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
Jawaban : a. peringatan Sumpah Pemuda
28. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ..
a. Hadirin yang saya hormati
b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c. Puji dan syukur kita panjatkan
d. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda
e. Hari ini kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah
Jawaban : b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.
29. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
Jawaban : b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
30. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d. (4)
21. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : D. 4
22. Kata-kata persuasif terdapat dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : e. 5
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakkan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.
23. Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
b. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Plang Merah Remaja.
c. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.
d. Dalam seramah ini, top[ik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.
e. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Jawaban : a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.
24.Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena ……
a. Waktu A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu
e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
Jawaban : e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
25. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah...
a. Yang terhormat ibu, bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.
b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
c. Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya denganmisu terkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.
Jawaban : b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
26. Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan ceramah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.Kutipan tersebut adalah penutup ceramah tentang kerja bakti. Kalimat yang cocok sebagai pembuka isi
ceramah tersebut adalah...
a. Lingkungan bersih, warganya masyhur
b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
c. Lingkungan bersih, mengajak warganya sadar.
d. Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.
e. Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.
Jawaban : b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan 7 dan 8.
Hadiri yang saya hormati.
Assalamualaikum Wr. Wb,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
27. Topik pidato tersebut adalah ...
a. peringatan Sumpah Pemuda
b. mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c. merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d. pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
e. bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
Jawaban : a. peringatan Sumpah Pemuda
28. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ..
a. Hadirin yang saya hormati
b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c. Puji dan syukur kita panjatkan
d. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda
e. Hari ini kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah
Jawaban : b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.
29. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
Jawaban : b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
30. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d. (4)
Komentar
Posting Komentar
komentar disini ya, bosskuh