soal IPA kelas 4 BESERTA KISI-KISI, Kurikulum 2013

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh apa kabar sahabat cerdas??... kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:

SOAL

TEMA 1 KD 3.6

1.    Bunyi merupakan segala sesuatu yang dapat didengar oleh telinga. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....                                                                                                                   (Skor 8)

a.    bergetar                                             c. berpindah

b.    bergerak                                            d. bergeser

2.    Bunyi yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz dan dapat didengar oleh manusia disebut bunyi ....                                                                                                                     (Skor 8)

a.    infrasonik                                             c. ekstrasonik          

b.    audiosonik                                            d. ultrasonik

3.    Dafa sedang menyelam di kolam renang, ketika menyelam Dafa dapat mendengar suara temannya yang sedang berada di pinggir kolam renang. Dari pernyataan tersebut, membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui benda ....                                                           (Skor 8)

a.    padat                                                 c. cair

b.    gas                                                     d. ruang hampa

4.    Bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai dikirim disebut ....                       (Skor 8)

a.    getaran                                              c. pantulan

b.    gaung                                                d. gema

5.    Perhatikan gambar berikut!







Bagian telinga yang ditunjuk anak panah adalah ....                                                     (Skor 8)

a.    koklea                                               c. daun telinga

b.    saluran Eustachius                            d. gendang telinga

6.      Salah satu manfaat pemantulan bunyi dalam bidang kelautan yaitu untuk ............................            (Skor 10)

7.      Bagian-bagian telinga manusia dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu ......................., ............................, dan .......................                                                                               (Skor 10)

8.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan suara “Infrasonik, Audiosonik, dan Ultrasonik! (Skor 20)

Jawab:

 

9.      Tuliskan perbedaan antara “Gema dan Gaung”!   (Skor 20)

Jawab:

 

TEMA 2 KD 3.4

10.  Sumber energi terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah ....                                  (Skor 5)

a.    bulan

b.    minyak bumi

c.    tumbuhan

d.   matahari

11.     Perhatikan gambar berikut!

Benda yang mengalami perubahan energi dari energi listrik menjadi energi cahaya adalah ....

(Skor 5)

a.                                                  c. 

b.   
                                              d. 

12.     Sumber energi yang berasal dari dari organisme hidup atau belum lama mati disebut .... (Skor 5)

a.    panas bumi

b.    biomassa

c.    fosil

d.   batu bara

13.     Energi gerak yang dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir (turbin) pada pembangkit listrik tenaga angin berasa dari ....                                                                                        (Skor 5)

a.    angin

b.    air

c.    listrik

d.   panas bumi

14.  Bahan bakar yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur dalam bumi selama berjuta-juta tahun disebut ....                                                                                 (Skor 5)

15.     


Perubahan energi yang terjadi pada benda di atas adalah ....                                        (Skor 5)

a.    energi listrik menjadi energi cahaya

b.    energi listrik menjadi energi gerak

c.    energi listrik menjadi energi panas

d.   energi gerak menjadi energi bunyi

16. Matahari merupakan sumber energi   . . . .  dan . . . . terbesar bagi bumi.       (Skor 8)

17. Bahan bakar yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur dalam bumi selama berjuta-juta tahun disebut  . . . .                                                                                                         (Skor 8)

18. Alat yang dapat mengubah energi alternatif berupa energi cahaya matahari menjadi energi listrik disebut . . . .                                                                                                                   (Skor 8)

                                                                                                                             

19. Arti dari singkatan PLTA adalah …                                                                           (Skor 8)

20. Arti dari singkatan PLTU adalah …                                                                           (Skor 8)

21. Jelaskan Perbedaan antara Energi Terbarukan dan Energi tak Terbarukan! Berikan contoh untuk masing-masing energi!                                           (Skor 15)

Jawab:

 

22. Jelaskan perubahan energi yang terjadi pada setrika dan senter!                                (Skor 15)

Jawab:

 

Tema 3 KD 3.1

23. paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk ….                                          (Skor 10)



 

a.       Menghisap madu

b.      Mematuk kayu

c.       Mengoyak mangsa

d.      Memakan biji

24. paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk ….                                          (Skor 10)


a.       Menghisap madu

b.      Mematuk kayu

c.       Mengoyak mangsa

d.      Memakan biji

25. paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk ….                                          (Skor 10)


a. Menghisap madu

b.Mematuk kayu

c. Mengoyak mangsa

d.      Memakan biji

26. Bagian yang di tunjukkan tanda panah berfungsi untuk ….                                      (Skor 10)



a.       Mendeteksi bau

b.      Mengunyah makanan

c.       Mengeluarkan bisa yang berbahaya

d.      Berkomuni kasi dengan lawan jenis

27. Hewan laut berikut ini yang bernapas menggunakan insang adalah ….                     (Skor 10)

a.       Paus, dugong, penguin

b.      Ikan kakap, ikan tuna, dan ikan pari

c.       Lumba-lumba, paus, dan hiu

d.      Kepiting, udang dan ular laut

28. buaya, biawak dan kura-kura merupakan jenis hewan yang tergolong kedalam jenis…. (Skor 10)

a.       Insekta

b.      Mamalia

c.       Ikan

d.      reptilia

29. memiliki sayap merupakan ciri-ciri dari binatang yang tergolong kepada …. (Skor 10)

a.       Burung

b.      Reptilia

c.       Ikan

d.      Insekta

30. sebutkan 4 ciri-ciri hewan yang tergolong insekta!                 (Skor 15)

Jawab:

 

31. Urutkan metamorfosis pada kodok dan katak!                      (Skor 15)

Jawab:

 

 

 

 

 

 

 

Tema 4 KD 3.7

32. Bagian tumbuhan yang berguna untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun adalah ….

(Skor 8)

a. daun                                                                        c. buah

b. akar                                                             d. batang

33. pohon berikut merupakan contoh dari ….(Skor 8)


a. akar gantung                                                c. akar papan

b. akar napas                                                   d. akar tunjang

34. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar adalah …. (Skor 8)

a. singkong                                                     c. nanas

b. apel                                                              d. tebu

35. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di batang adalah ….   (Skor 8)

       a. singkong                                                        c. nanas

       b. apel                                                 d. tebu

36. daun berikut merupakan daun yang berjenis….    (Skor 8)


a. tulang daun menyirip                                             c. tulang daun sejajar

b. tulang daun melengkung                                       d. tulang daun menjari

37. berdasarkan jumlahnya daun majemuk merupakan daun yang memiliki ….

(Skor 10)

38. batang pada tumbuhan memiliki dua jenis yaitu batang    ….   dan batang   ….

(Skor 10)

39. tuliskan 2 jenis akar berdasarkan bentuknya! (Skor 20)

Jawab:

 

40. Tuliskan dan gambarkan bagian dari tumbuhan!        (Skor 20)

Jawab:

 

KISI-KISI

Muatan                : IPA                                JUMLAH SOAL : 35 SOAL   

Kelas                     :  IV                                                                                                                                                                                                              

Semester            :  I                                                                                                                                                                                                                 

TEMA. 1

 

NO

KOMPETENSI DASAR

Materi Ajar

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

Skor

 

3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

·         Cara benda menghasilkan bunyi

 

·         Media perambatan bunyi

 

·         Bagian-bagian telinga beserta fungsinya

 

 

·         Pemantulan bunyi gema dan gaung

 

 

 

·         Pemantulan dan penyerapan bunyi

 

·         Kepekaan telinga sebagai indra pendengar

 

·         Pemantulan dan penyerapan bunyi

 

·         Pemantulan bunyi gema dan gaung

 

·         Memelihara kesehatan telinga

1.     Siswa dapat mengidentifikasi    benda bergetar sebagai penghasil bunyi.

 

2.     Disajikan soal, siswa dapat menetukan jenis bunyi.

 

 

3.     Disajikan deskripsi mengenai perambatan bunyi melalui air, siswa dapat menentukan media perambatan bunyi.

 

4.     Disajikan pertanyaan, siswa mampu mengindentifikasi hal tersebut sebagai gema.

 

5.     Disajikan gambar anatomi telinga bagian tengah yang menunjukkan bagian gendang telinga, siswa dapat mengemukakan fungsi dari bagian yang ditunjuk.

 

6.     Disajikan pertanyaan, siswa dapat menuliskan 3 kelompok bagian-bagian telinga.

 

7.     Siswa dapat menyebutkan manfaat pemantulan bunyi dibidang kelautan.

 

8.     Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi jenis bunyi.

 

 

9.     Siswa dapat mengemukakan pengertian dari gema.

 

 

10. Siswa dapat menentukan 3 cara menjaga kesehatan telinga.

PG PG PG PG PG

Isian Isian Isian Uraian Uraian

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

9

 

 

10

8

 

 

8

 

 

8

 

 

8

 

 

8

 

 

10

 

 

10

 

 

10

 

 

15

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

Materi Ajar

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

Skor

1

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

·         Energi matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

·         Perubahan energi

 

·         Energi alternatif

 

·         Energi matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

·         Cara aman penggunaan listrik

 

·         Energi alternatif

 

·         Cara aman penggunaan listrik

 

·         Hemat energi

1.    Siswa dapat mengidentifikasi matahari sebagai sumber energi terbesar.

2.    Disajikan berbagai gambar peralatan dalam kehidupan sehari-hari, Siswa dapat menunjukkan alat yang mengalami perubahan energi listrik menjadi energi cahaya

3.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat mengidentifikasi sumber energi.

4.    Disajikan gambar, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi.

5.    Disajikan gambar air terjun/sungai, Siswa dapat menentukan manfaat arus air sebagai energi alternatif pembangkit listrik.

 

6.    Siswa dapat menyebutkan jenis sumber daya alam terkait.

 

7.    Disajikan deskripsi fotosintesis, siswa dapat menentukan energi yang turut membantu kegiatan terbebut.

 

8.    Disajikan deskripsi singkat, siswa dapat menetukan jenis energi.

 

9.    Siswa dapat menuliskan tiga contoh energi terbarukan dan tak terbarukan.

 

10.Siswa dapat menuliskan dua contoh perubahan energi.

PG

 PG

 

PG PG PG

 

 

Isian Isian

 

Isian Uraian

 

Uraian

11

 

12

 

 

13

 

14

 

15

 

 

 

16

 

17

 

 

18

 

19

 

 

20

8

 

8

 

 

8

 

8

 

8

 

 

 

10

 

10

 

 

10

 

15

 

 

15

 

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

Materi Ajar

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

Skor

1

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.

 

·         Bagian tubuh hewan

·         Jenis jenis hewan

 

·         Bagian tubuh tumbuhan

·         Jenis jenis tumbuhan

 

11.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh burung yang ada pada gambar.

12.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh burung yang ada pada gambar.

 

13.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh burung yang ada pada gambar.

14.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi taring ular kobra yang ada pada gambar.

 

15.Siswa dapat menentukan hewan yang bernafas menggunakan insang.

 

16.Siswa dapat menentukan buaya, dan biawak termasuk kedalam jenis hewan dengan benar

 

17.Siswa mengetahui jenis fisik dari burung.

 

18.Siswa dapat menyebutkan fungsi dari tandung kijang dengan benar

 

19.Siswa dapat menuliskan 4 contoh hewan yang tergolong insekta

 

20.Siswa dapat menuliskan dan mengurutkan proses metamorphosis pada katak,

 

PG

 PG

 

PG PG PG

 

Isian Isian

 

Isian Uraian

 

Uraian

21

 

22

 

 

23

 

24

 

25

 

 

26

 

27

 

 

28

 

29

 

 

30

8

 

8

 

 

8

 

8

 

8

 

 

10

 

10

 

 

10

 

15

 

 

15

 

 

 

 

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

Materi Ajar

Indikator Soal

Bentuk Soal

No Soal

Skor

1

3.7

Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

 

·         Sumberdaya alam

 

·         Sumberdaya alam  yang dapat diperbaharui

 

 

·         Sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui

1.    Siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang berfungsi mengangkut air ke daun

 

2.    Disajikan dengan gambar, siswa mampu menentukan jenis akar pada gambar

 

3.    Siswa dapat menentukan tempat cadangan makanan pada  tumbuhan

 

4.    Siswa dapat menentukan tempat cadangan makanan pada  tumbuhan

 

5.    Disajikan dengan gambar, siswa mampu menentukan jenis tulang daun pada gambar

 

 

6.    Siswa dapat menuliskan jenis daun sesuai jumlahnya

 

7.    Siswa dapat menuliskan jenis daun sesuai jumlahnya

 

8.    siswa dapan menuliskan jenis batang pada tumbuhan

 

9.    Siswa dapat menuliskan jenis akar sesuai bentuknya

 

10.Siswa dapat menuliskan dan menggambarkan bagian dari tumbuhan

PG

 PG

 

 

PG

PG

 

PG

 

 

Isian Isian

Isian Uraian

Uraian

31

 

32

 

 

33

 

34

 

35

 

 

 

36

 

37

 

 

38

 

39

 

 

40

8

 

8

 

 

8

 

8

 

8

 

 

 

10

 

10

 

 

10

 

15

 

 

15

 

 

 

 


Komentar