SOAL
TEMA 1 KD 3.6
1. Bunyi merupakan segala sesuatu yang dapat didengar
oleh telinga. Bunyi dihasilkan oleh benda yang .... (Skor 8)
a. bergetar c.
berpindah
b. bergerak d.
bergeser
2.
Bunyi
yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz dan dapat didengar oleh manusia
disebut bunyi .... (Skor 8)
a.
infrasonik c. ekstrasonik
b.
audiosonik d. ultrasonik
3.
Dafa
sedang menyelam di kolam renang, ketika menyelam Dafa dapat mendengar suara
temannya yang sedang berada di pinggir kolam renang. Dari pernyataan tersebut,
membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui benda .... (Skor 8)
a.
padat c.
cair
b.
gas d.
ruang hampa
4. Bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai
dikirim disebut .... (Skor 8)
a.
getaran c.
pantulan
b. gaung d. gema
5.
Perhatikan
gambar berikut!
Bagian telinga
yang ditunjuk anak panah adalah .... (Skor 8)
a.
koklea c.
daun telinga
b.
saluran
Eustachius d.
gendang telinga
6. Salah satu manfaat pemantulan bunyi dalam bidang
kelautan yaitu untuk ............................ (Skor 10)
7. Bagian-bagian telinga manusia dikelompokkan menjadi
tiga bagian yaitu ......................., ............................, dan
....................... (Skor 10)
8.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan suara “Infrasonik,
Audiosonik, dan Ultrasonik! (Skor
20)
Jawab:
9.
Tuliskan
perbedaan antara “Gema dan Gaung”! (Skor 20)
Jawab:
TEMA 2 KD 3.4
10. Sumber energi terbesar bagi makhluk hidup di bumi
adalah .... (Skor 5)
a.
bulan
b.
minyak
bumi
c.
tumbuhan
d.
matahari
11.
Perhatikan
gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi dari energi listrik menjadi energi
cahaya adalah ....
(Skor 5)
a. c.
b.d.
12.
Sumber
energi yang berasal dari dari organisme hidup atau belum lama mati disebut .... (Skor 5)
a.
panas
bumi
b.
biomassa
c.
fosil
d.
batu
bara
13.
Energi
gerak yang dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir (turbin) pada pembangkit
listrik tenaga angin berasa dari .... (Skor 5)
a.
angin
b.
air
c.
listrik
d.
panas
bumi
14. Bahan bakar yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup
yang terkubur dalam bumi selama berjuta-juta tahun disebut .... (Skor 5)
15.
Perubahan energi yang terjadi pada benda di atas adalah .... (Skor 5)
a.
energi
listrik menjadi energi cahaya
b.
energi
listrik menjadi energi gerak
c.
energi
listrik menjadi energi panas
d.
energi
gerak menjadi energi bunyi
16.
Matahari merupakan sumber energi . . .
. dan . . . . terbesar bagi bumi. (Skor 8)
17.
Bahan bakar yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur dalam bumi
selama berjuta-juta tahun disebut . . .
. (Skor 8)
18.
Alat yang dapat mengubah energi alternatif berupa energi cahaya matahari
menjadi energi listrik disebut . . . . (Skor
8)
19.
Arti dari singkatan PLTA adalah … (Skor
8)
20.
Arti dari singkatan PLTU adalah … (Skor
8)
21.
Jelaskan Perbedaan antara Energi Terbarukan dan Energi tak Terbarukan! Berikan
contoh untuk masing-masing energi! (Skor 15)
Jawab:
22.
Jelaskan perubahan energi yang terjadi pada setrika dan senter! (Skor 15)
Jawab:
Tema 3 KD 3.1
23.
paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk …. (Skor 10)
a.
Menghisap madu
b.
Mematuk kayu
c.
Mengoyak mangsa
d.
Memakan biji
24.
paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk …. (Skor 10)
a.
Menghisap madu
b.
Mematuk kayu
c.
Mengoyak mangsa
d.
Memakan biji
25.
paruh burung seperti gambar berikut berfungsi untuk …. (Skor 10)
a. Menghisap madu
b.Mematuk
kayu
c. Mengoyak mangsa
d.
Memakan biji
26.
Bagian yang di tunjukkan tanda panah berfungsi untuk …. (Skor 10)
a.
Mendeteksi bau
b.
Mengunyah
makanan
c.
Mengeluarkan bisa
yang berbahaya
d.
Berkomuni kasi
dengan lawan jenis
27.
Hewan laut berikut ini yang bernapas menggunakan insang adalah …. (Skor 10)
a.
Paus, dugong,
penguin
b.
Ikan kakap, ikan
tuna, dan ikan pari
c.
Lumba-lumba,
paus, dan hiu
d.
Kepiting, udang
dan ular laut
28.
buaya, biawak dan kura-kura merupakan jenis hewan yang tergolong kedalam jenis….
(Skor 10)
a.
Insekta
b.
Mamalia
c.
Ikan
d.
reptilia
29.
memiliki sayap merupakan ciri-ciri dari binatang yang tergolong kepada …. (Skor 10)
a.
Burung
b.
Reptilia
c.
Ikan
d.
Insekta
30.
sebutkan 4 ciri-ciri hewan yang tergolong insekta! (Skor 15)
Jawab:
31.
Urutkan metamorfosis pada kodok dan katak! (Skor 15)
Jawab:
Tema 4 KD 3.7
32.
Bagian tumbuhan yang berguna untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar
ke daun adalah ….
(Skor 8)
a. daun c.
buah
b. akar d.
batang
33.
pohon berikut merupakan contoh dari ….(Skor
8)
a. akar gantung c. akar papan
b. akar napas d.
akar tunjang
34.
Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar adalah …. (Skor 8)
a. singkong c. nanas
b. apel d.
tebu
35.
Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di batang adalah …. (Skor
8)
a. singkong c. nanas
b. apel d. tebu
36.
daun berikut merupakan daun yang berjenis….
(Skor 8)
a.
tulang daun menyirip c.
tulang daun sejajar
b. tulang daun melengkung d. tulang daun menjari
37.
berdasarkan jumlahnya daun majemuk merupakan daun yang memiliki ….
(Skor 10)
38.
batang pada tumbuhan memiliki dua jenis yaitu batang …. dan
batang ….
(Skor 10)
39.
tuliskan 2 jenis akar berdasarkan bentuknya! (Skor 20)
Jawab:
40.
Tuliskan dan gambarkan bagian dari tumbuhan! (Skor 20)
Jawab:
Muatan : IPA JUMLAH
SOAL : 35 SOAL
Kelas : IV
Semester :
I
TEMA. 1
NO |
KOMPETENSI DASAR |
Materi Ajar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
Skor |
|
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. |
·
Cara benda menghasilkan bunyi ·
Media perambatan bunyi ·
Bagian-bagian
telinga beserta fungsinya ·
Pemantulan bunyi gema dan gaung ·
Pemantulan dan penyerapan bunyi ·
Kepekaan
telinga sebagai indra
pendengar ·
Pemantulan dan penyerapan bunyi ·
Pemantulan bunyi gema dan gaung ·
Memelihara kesehatan telinga |
1.
Siswa dapat mengidentifikasi benda bergetar sebagai penghasil bunyi. 2.
Disajikan soal, siswa dapat menetukan jenis bunyi. 3.
Disajikan deskripsi mengenai perambatan
bunyi melalui air,
siswa dapat menentukan media perambatan bunyi. 4.
Disajikan
pertanyaan, siswa mampu
mengindentifikasi hal tersebut
sebagai gema. 5.
Disajikan gambar anatomi telinga bagian tengah
yang menunjukkan bagian
gendang telinga, siswa
dapat mengemukakan fungsi dari bagian yang ditunjuk. 6.
Disajikan pertanyaan,
siswa dapat menuliskan 3
kelompok bagian-bagian telinga. 7.
Siswa dapat menyebutkan manfaat pemantulan
bunyi dibidang kelautan. 8. Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi jenis bunyi. 9.
Siswa dapat mengemukakan pengertian dari gema. 10. Siswa dapat menentukan 3 cara menjaga
kesehatan telinga. |
PG PG PG PG PG Isian Isian Isian
Uraian Uraian |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 |
8 8 8 8 8 10 10 10 15 15 |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
Materi Ajar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
Skor |
1 |
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan
nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. |
·
Energi matahari dalam kehidupan sehari-hari ·
Perubahan energi ·
Energi alternatif ·
Energi matahari dalam kehidupan sehari-hari ·
Cara aman
penggunaan listrik ·
Energi alternatif ·
Cara aman penggunaan listrik ·
Hemat energi |
1.
Siswa dapat
mengidentifikasi matahari sebagai
sumber energi terbesar. 2.
Disajikan
berbagai gambar peralatan dalam kehidupan sehari-hari, Siswa dapat
menunjukkan alat yang mengalami perubahan energi listrik menjadi energi cahaya 3.
Disajikan pertanyaan, siswa
dapat mengidentifikasi sumber energi. 4.
Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi. 5.
Disajikan gambar air terjun/sungai, Siswa
dapat menentukan manfaat arus air sebagai
energi alternatif pembangkit listrik. 6.
Siswa dapat menyebutkan jenis sumber daya alam terkait. 7.
Disajikan
deskripsi fotosintesis, siswa dapat
menentukan energi
yang turut membantu kegiatan terbebut. 8.
Disajikan deskripsi singkat, siswa dapat menetukan jenis energi. 9.
Siswa dapat
menuliskan tiga contoh energi terbarukan dan tak terbarukan. 10.Siswa dapat
menuliskan dua contoh perubahan energi. |
PG PG PG PG PG Isian Isian Isian Uraian Uraian |
11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 |
8 8 8 8 8 10 10 10 15 15 |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
Materi Ajar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
Skor |
1 |
Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. |
·
Bagian
tubuh hewan ·
Jenis jenis
hewan ·
Bagian
tubuh tumbuhan ·
Jenis jenis
tumbuhan |
11.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh
burung yang ada pada gambar. 12.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh
burung yang ada pada gambar. 13.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi dari paruh
burung yang ada pada gambar. 14.Disajikan dengan gambar, siswa dapat menentukan fungsi taring ular
kobra yang ada pada gambar. 15.Siswa dapat menentukan
hewan yang bernafas menggunakan insang. 16.Siswa dapat menentukan
buaya, dan biawak termasuk kedalam jenis hewan dengan benar 17.Siswa mengetahui jenis
fisik dari burung. 18.Siswa dapat menyebutkan
fungsi dari tandung kijang dengan benar 19.Siswa dapat menuliskan 4
contoh hewan yang tergolong insekta 20.Siswa dapat menuliskan dan
mengurutkan proses metamorphosis pada katak, |
PG PG PG PG PG Isian Isian Isian Uraian Uraian |
21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 |
8 8 8 8 8 10 10 10 15 15 |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
Materi Ajar |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
Skor |
1 |
3.7 Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya. |
·
Sumberdaya
alam ·
Sumberdaya
alam yang dapat diperbaharui ·
Sumberdaya
alam yang tidak dapat diperbaharui |
1.
Siswa
menyebutkan bagian tumbuhan yang berfungsi mengangkut air ke daun 2.
Disajikan dengan
gambar, siswa mampu menentukan jenis akar pada gambar 3.
Siswa dapat menentukan tempat cadangan makanan
pada tumbuhan 4.
Siswa dapat menentukan tempat cadangan makanan
pada tumbuhan 5.
Disajikan
dengan gambar, siswa mampu menentukan jenis tulang daun pada gambar 6.
Siswa dapat menuliskan jenis daun sesuai
jumlahnya 7.
Siswa dapat menuliskan jenis daun sesuai
jumlahnya 8.
siswa dapan menuliskan jenis batang pada
tumbuhan 9.
Siswa dapat menuliskan jenis akar sesuai
bentuknya 10.Siswa dapat menuliskan dan
menggambarkan bagian dari tumbuhan |
PG PG PG PG PG Isian Isian Isian Uraian Uraian |
31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 |
8 8 8 8 8 10 10 10 15 15 |
Komentar
Posting Komentar
komentar disini ya, bosskuh