SOAL ULANGAN kelas 4 IPS BESERTA KISI-KISI, kurikulum 2013

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh apa kabar sahabat cerdas??... kali ini saya akan menyajikan kepada sahabat cerdas sebuah tulisan yang berjudul:

TEMA 1

1. Berikut ini yang merupakan karakteristik ruang di daerah pegunungan adalah …. (Skor 8)

a. kontur tanah datar dan rata                                     C. berbukit-bukit

b. banyak gedung perkantoran                        d. suhu udara panas

2. Yang merupakan Fauna Endemik Indonesia adalah .... (Skor 5)

a. Beruang Grizli                                             c. Harimau Bangala

b. Komodo                                                      d. Burung gagak

 

3. Akibat dari letak astronomis Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa adalah Indonesia memiliki iklim …. (Skor 8)

a. beriklim tropis

b mempunyai empat musim

c. beriklim tropis dengan suhu hangat

d. beriklim panas dengan empat musim

 

4. Pengaruh letak geologis terhadap Indonesia yang dilalui oleh dua jalur pegunungan dunia adalah Indonesia….                        (Skor 8)

a. menjadi negara strategis

b. mempunyai tiga daerah waktu

c. menjadi pusat perdagangan dan pelayaran dunia

d. banyak memiliki gunung api aktif dan rawan terjadi gempa bumi

 

5. Pegunungan adalah daerah yang bergunung-gunung. Biasanya memiliki ketinggian lebih dari ... meter di atas permukaan laut                        (Skor 8)

a. 100                                                              b. 200

c.300                                                               d. 400

 

6. Tanah di dataran tinggi sangat subur. Oleh karena itu, daerah dataran tinggi banyak menghasilkan hasil pertanian berupa ...         (Skor 8)

a.sayuran                     b. kelapa                      c. kapas                       d. padi

 

7. Bentang alam berupa daratan yang datar dengan ketinggian antara 0 - 200 meter di atas permukaan laut disebut …  (Skor 8)

a. dataran tinggi          b. dataran rendah        c. lembah                     d. pantai

8. Kegiatan perkebunan yang banyak dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan …. (Skor 8)

a.kopi                          b. teh                           c.tebu                          d. sayur-sayuran

 

9. Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan langsung dengan laut dan merupa daerah pasang surut air laut. Adapun garis pantai adalah ....   (Skor 8)

a. daratan yang menjorok ke laut

b. tempat pertemuan air laut dan daratan

c. daerah datar dengan tinggi 400 meter di atas permukaan laut

d. tanah yang menonjol di atas tanah sekitarnya dengan ketinggian 600 meter C.

 

10. Indonesia memiliki banyak pantai dan berpotensi menjadi objek wisata. Objek wisata Pantai PASIR PADI terdapat di Provinsi ...   (Skor 5)

a. Bangka                    b. DKI Jakarta                        c. Jawa Barat               d. Jawa Tengah

 

11. Nama selat yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa adalah …. (Skor 5)

a. Selat Sunda                                                             c. Selat Bali

b. Selat Lombok                                              d. Selat Alas

12. Salah satu flora yang terdapat di Indonesia adalah padang lumut Padang lumut terjadi akibat cuaca yang sangat dingin. Satu-satunya tempat padang lumut di Indonesia adalah …. (Skor 8)

a. Dataran tinggi Gayo, Aceh

b Puncak Jayawijaya, Papua

c. Puncak Merapi, Jawa tengah

d. Dataran Tinggi Meratus, Kalimantan Selatan

 

13. Fauna langka dan dilindungi daerah peralihan yang hanya terdapat di Indonesia adalah .... (Skor 8)

a. burung cendrawasih

b. orangutan

c. harimau sumatera

d. anoa

 

14. Berikut ini yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah …. (Skor 5)

a. hewan dan tumbuhan                                  c. minyak bumi dan gas alam

b. aspal dan batu bara                                     d. emas dan perak

 

I.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan teliti! (SKOR 10)

15. cairan panas yang keluar saat gunung meletus disebut ….

16. objek wisata Pantai Pasir Padi terdapat di Provinsi ….

17. sungai-sungai di Kalimantan pada umumnya digunakan sebagai ….

18. Pulau Bangka dan Belitung dihubungkan oleh selat ….

19. Danau terdalam di Indonesia adalah …

20. Sumberdaya alam yang dapat di hasilkan kembali setelah dipergunakan disebut ….

21. batu bara adalah contoh sumberdaya alam yang ….

22. tambang timah terdapat di …

23. Hasil tambang yang terdapat di Pulau Bangka ….

24. bahan baku pembuatan gula adalah ….

 

TEMA 2 KD 3.1

I.    Berilah tanda silang (X) pada huruf  a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

25.  Pengertian Bhineka Tunggal Ika adalah ....                                                          (Skor 5)

a.    bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh      c. keragaman adalah anugrah

b.    berbeda-beda tetapi tetap satu                   d. keragaman yang sempurna

 

 



gambar keris

26.  Berdasarkan gambar di atas, senjata tradisional ini berasal dari....                        (Skor 5)

a.    Sumatera Barat                                           c. Aceh

b.    Papua                                                          d. Jawa Tengah

 

27.  Petrus beragama Kristen, Made beragama Hindu, Jepri beragama Budha, Ahmad beragama Islam, Rolan beragama Khatolik sedangkan Melani beragama Khong Hu Chu. Mereka berteman dengan baik.

Keberagaman yang ada dalam teks di atas adalah....                                             (Skor 5)

a.    keragaman suku                                          c. keragaman budaya

b.    keragaman agama                                       d. keragaman bahasa

 

28.  Suku bangsa atau etnis asli yang berasal dari Pulau Bangka adalah....                 (Skor 5)

a.    Suku Gayo                                                  c. Suku Minang

b.    Suku Batak                                                 d. Suku Mapur

 

29.               Berikut ini yang merupakan tempat ibadah umat Islam adalah ....                 (Skor 5)

a.                                           c.

b.                                           d.

 

Isilah titik-titik di bawah ini dengan teliti!

30.  Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....                                  (Skor 10)

31.  




gambar rumah gadang

Rumah adat pada gambar di atas berasal dari Provinsi ....                                     (Skor 10)

32.  Selain digunakan untuk berburu dan memotong kayu, senjata tradisional juga digunakan sebagai perlengkapan ....                                                                                            (Skor 10)

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

33.  Jelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika!                                                 (Skor 15)

Jawab: ...............................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

 

34.  Tuliskan tiga cara menghargai keragaman dalam kehidupan sehari-hari! (Skor 15)

Jawab:................................................................................................................................................       

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................                   

35.  Tuliskan tiga nama Suku di Indonesia yang kamu ketahui! (Skor 15)

Jawab:................................................................................................................................................       

...........................................................................................................................................................

  

 

KISI-KISI

Muatan                : IPS                                JUMLAH SOAL : 30 SOAL 

Kelas                     :  IV                                PG                                :  20

Semester            :  I                                URAIAN                                : 10

 

No

KompetensiDasar

BAB dan Materi Ajar

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

Skor soal

1

 3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

 

BAB 1

Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat

Siswa dapat menentukan karakteristik ruang daerah pegunungan

 

PG

 

1

 

8

Siswa dapat menentukan hewan endemic indonesia

 

 

PG

 

 

2

5

Siswa dapat menentukan akibat dari letak astronomis Indonesia yang berada di garis katulistiwa

 

PG

 3

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan pengaruh letak geologis Indonesia yang terletak di dua pegunungan dunia

PG

 4

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan jarak ketingguan pegunungan dari permukaan laut

PG

 5

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan tanaman yang dapat dibudidayakan di dataran tinggi

PG

 6

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan bentang alam yang memiliki ketinggian 0-200 m DPL

PG

 7

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan perkebunan yang banyak dilakukan di dataran rendah

PG

 8

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan arti dari garis pantai

PG

 9

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan objek wisata pantai pasir padi terletak di provinsi mana

PG

 10

 5

 

 

 

Siswa dapat menentukan selat yang menghubungkan pulau sumatera dan jawa

PG

 11

 5

 

 

 

Siswa dapat menentukan tempat satu-satunya padang lumut di Indonesia

PG

 12

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan fauna langka yang ada didaerah peralihan

PG

 13

 8

 

 

 

Siswa dapat menentukan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

PG

 14

 5

 

 

 

NILAI MAKSIMAL

 

100

2

 3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

 

 

Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat

Siswa dapat menuliskan cairan panas yang keluar dari gunung meletus

ISIAN

 16

 10

Siswa dapat menuliskan Provinsi letak objek wisata pasir padi

ISIAN

 17

10

Siswa dapat menuliskan kegunaan dari sungai yang ada di Kalimantan

ISIAN

 18

10

Siswa dapat menuliskan selat yang menghubungkan pulau Bangka dan Belitung

ISIAN

 19

10

Siswa dapat menuliskan danau terdalam di Indonesia

ISIAN

 20

10

Siswa dapat menuliskan isltilah lain dari sumberdaya yang dapat dihasilkan kembali setelah digunakan

ISIAN

 21

10

Siswa dapat menuliskan jenis sumber daya alam

ISIAN

 22

10

Siswa dapat menuliskan daerah penghasil timah di Indonesia

ISIAN

 23

10

Siswa dapat menuliskan hasil tambang yang ada di pulau Bangka

ISIAN

 24

10

 

 

 

Siswa dapat menuliskan bahan baku pembuatan gula pasir

ISIAN

 25

10

 

 

 

NILAI MAKSIMAL

100

 

3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia, serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

Keragaman  

budaya bangsaku

·      Disajikan soal, siswa dapat menentukan pengertian Bhineka Tunggal Ika

 

·      Ditampilkan gambar senjatara keris, siswa dapat menentukan asalnya

 

·      Ditampilkan    bacaan,   siswa    dapat                        menyebutkan kerukunan antar agama yang diakui di Indonesia

 

·      Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan suku bangsa dari daerah di Indonesia

 

·      Siswa dapat menentukan rumah ibadah bagi penganut suatu agama

 

·      Disajikan soal rumpang, siswa dapat menuliskan makna semboyan NKRI

 

·      Ditampilkan sebuah gambar rumah adat, siswa dapat menentukan asal daerahnya

 

·      Siswa dapat menuliskan manfaat senjata tradisional

 

·      Siswa dapat menuliskan pengertian Bhineka Tunggal Ika

 

·      Siswa dapat menuliskan 3 cara menghargai keragaman di kehidupan sehari-hari

PG

 

PG

 

                PG

 

 

PG

 

PG

 

Isian

 

Isian

 

Isian

 

Uraian

 

Uraian

26

 

 

27

 

 

 

28

 

 

 

29

 

 

 

30

 

 

31

 

 

32

 

 

 

33

 

 

34

 

 

 

35

5

 

 

5

 

 

5

 

 

 

5

 

 

5

 

 

10

 

 

10

 

 

10

 

 

15

 

15

 

 

 

NILAI MAKSIMAL

100

 

 

 

 



Komentar